Sistem informasi diibaratkan
sebagai aliran darah yang mengalir di dalam tubuh suatu
perusahaan/Instansi, sehingga informasi ini sangat penting bagi
perusahaan/Instansi. Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan
menjadi luruh, kerdil dan pada akhirnya akan berakhir pula. Sumber
informasi adalah data, data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu
kejadian dan kesatuan yang nyata, kejadian-kejadian tersebut merupakan
sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Di dalam dunia bisnis,
kejadian-kejadian yang nyata dapat sering terjadi yaitu perubahan dari
suatu nilai yang disebut dengan transaksi.
Untuk memenuhi kebutuhan
informasi yang cepat dan akurat, maka diperlukan upaya pengembangan
sarana pengelolaan data dan informasi, dimana secara prinsip sarana yang
dikembangkan tersebut nantinya akan dapat merubah metode pengelolaan
data konvensional menjadi metode modern melalui Pemanfaatan Teknologi
Informasi.
Alasan pemanfaatan teknologi
informasi ini antara lain karena teknologi inilah yang paling tepat
untuk dipergunakan sebagai sarana pengelolaan data dan informasi,
sehingga dapat memenuhi kebutuhan informasi, khususnya informasi yang
menyangkut dengan kegiatan manajemen pelayanan pelanggan yang berfokus
kepada komitmen layanan berbasis teknologi informasi secara ”On Line”.
Berkaitan dengan kegiatan
bisnis diatas dan diimplementasikannya program PT.PLN (persero) Pusat
P2APST untuk mengalihkan Pola Payment Point Konvensional ke Payment
Point Online Bank, dengan pola Kemitraan Bank secara aman, nyaman,
flexibel, otomatis, lintas batas, berkualitas dan berkonsep “Layanan
Outlet Dekat Dengan Pelanggan” sebagai upaya meningkatkan layanan prima
pembayaran rekening listrik dan Rekening Tagihan lainnya kepada
pelanggan. Untuk itu kiranya kami bermaksud menawarkan konsep kerjasama
kemitraan pembukaan layanan Outlet Rekening Listrik dan Rekening lainnya
(Telkom,Voucher Elektronik, PAM, Pajak) PPOB Bank Mandiri Syariah
Secara sederhana PPOB adalah
Payment Point Online Bank, salah satu system mekanisme pembayaran
tagihan listrik PLN yang lebih aman, mudah dan murah. PPOB merupakan
layanan pembayaran tagihan listrik dan tagihan lainnya secara online
real time sehingga proses rekonsiliasi data dan dana bisa lebih cepat
dan akurat.
PPOB diselenggarakan PLN bekerjasama
dengan perbankan. Pelanggan dapat membayar di mana saja, kapan saja dan
dengan cara apa saja melalui Delivery Channel (ATM, Teller, Autodebet,
Internet Banking dll).
Berbeda dengan SOPP (Semi Online Payment
Point), yang melakukan penyetoran ke rekening receipt PLN dengan
membawa uang cash langsung, SOPP ada delay waktu dalam proses
rekonsiliasi data dan dana.
PPOB tidak hanya lebih memudahkan
layanan bagi pelanggan, namun juga memiliki multiflier effect yang luar
biasa bagi masyarakat luas, dengan membuka peluang usahabaru dan
pemberdayaan ekonomi kecil.
Kedepannya PPOB berlomba-lomba menjadi yang terlengkap fitur pelayanannya dan termudah dalam pengoperasiannya.